Selasa, 13 Januari 2015

Pengertian penyakit kista

Kista ovarium yaitu kantung kecil diisi cairan yang berkembang dalam ovarium (indung telur) wanita. Umumnya kista tak beresiko. Tetapi, sebagian bisa menyebabkan permasalahan, dari mulai nyeri haid, kista pecah, perdarahan, sampai penyakit serius, seperti : terlilitnya batang ovarium, masalah kehamilan, infertilitas sampai kanker endometrium. ( obat herbal kista )

Wanita normal umumnya mempunyai dua ovarium seukuran kenari di segi kiri & kanan rahim. Semasing ovarium membuahkan satu telur yang terbungkus dalam folikel (kantong). Saat telur keluar, hormon estrogen bakal berikan tanda pada rahim. Pada gilirannya, susunan rahim mulai menebal serta menyiapkan pembuahan telur oleh sperma (kehamilan). Apabila telur tak dibuahi, jadi semua isi rahim bakal dikeluarkan berbentuk haid bulanan.

Bila folikel tidak berhasil untuk pecah serta melepas telur, cairannya terus tinggal serta bisa membuat kista kecil (lebih kecil dari 4 cm). Ini normal berlangsung serta umumnya berlangsung pada salah satu ovarium. Keadaan ini dikatakan sebagai kista fungsional, umumnya bakal hilang dengan sendirinya, serta tak perlu diobati. 


Sebagian aspek kemungkinan berkembangnya kista ovarium, yaitu wanita yang umumnya mempunyai : 
 – kisah kista ovarium terdahulu 
 – siklus haid tak teratur 
 – perut buncit 
 – menstruasi di umur awal (11 th. atau lebih muda) 
 – susah hamil 
 – pasien hipotiroid 
 – pasien kanker payudara yang pernah melakukan kemoterapi (tamoxifen).

Biasanya wanita baru memeriksakan diri ke dokter bila rasa sakit sudah tak tertahankan, pingsan, ataupun mengalami perdarahan yang luar biasa hebat hingga lemas/anemia.

Dokter spesialis kandungan (Obsgyn), biasanya akan melakukan test mulai dari USG, CT Scan, test darah, seperti CA125 – ovarium tumor marker test, ataupun test kehamilan untuk mendeteksi kehamilan anggur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar